Home Download Comment Referensi Contact Video
KD & KI

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas VII semester I, adalah sebagai berikut :

Tabel 1.1.1 KI dan KD

Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Dasar (KD)

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

 

2. Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinterkasi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.

2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan pergaulannya

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

3.2 Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya

3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indoensia.

3.4 Memahami berpikir kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Budha dan Islam.

4. Mencoba, mengelola, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah  dan sumber lain  yang sama dengan sudut pandang/teori.

4.1 Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya Indonesia

4.4 Menyajikan kronologi, perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa pra aksara sampai masa Hindu-Buddha, dan Islam

Sumber : Permendikbud no : 68 Tahun 2013

Kompetensi Inti meruapakan terjemahan atau operasionalisasi dari SKL yang di kelompokkan ke dalam aspek sikap, pengethauan dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus di pelajari peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapian hard skills dan soft skills sekaligus berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising elemnt) Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti di rancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1), sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan penerapan pengetahuan/keterampilan (Kompetensi Inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar(KD) dan harus dikembangkan dalm setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (Kompetensi Inti 3) dan penerapan pengetahuan/keterampilan (Kompetensi Inti 4).

Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Kompetensi Dasar mencakup sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

Dalam mat pelajaran IPS kurikulum 2013, KD-KD yang dikembangkan diawali dalam KI 3 dan KI 4. KD-KD tersebut dalam proses pembelajaran harus mendukung pencapaian KD-KD dalam KI 1 dan KI 2. Sebagai contoh pembelajaran tentang tema “Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia”. Pada KD-KD dalam KI 3 dan KI 4 harus mendukung pencapaian KD-KD dalam KI 1, yaitu sikap menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan potensi sumber daya dan KI 2, yaitu sikap peduli. 

develop by Tim Penyusun Geography Online
email: tim.geography.online@gmail.com