Home Download Comment Referensi Contact Video
Kegiatan Remidial

Kegiatan remidial merupakan kegiatan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Dalam kegiatan remidial guru dituntut bisa menangani peserta didik yang lamban atau kesulitan dalam menguasai kompetensi dasar tertentu.

1. Ketentuan pemberian nilai remidial jika :

  • Untuk KD pada KI-3 dan KI-4 : diberikan remidial individual sesuai dengan kebutuhan kepada peserta didik yeng memperoleh nilai kuarang 2.66;
  • Untuk KD pada KI-3 dan KI-4 : diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya kepada peserta didik yang memperoleh nilai 2.66 atau lebih dari 2.66;
  • Untuk KD pada KI-3 dn KI-4 : diadakan remidial klasikal sesuai dengan kebutuhan apabila lebih dari 75% peserta didik memperoleh nilai kurang dari 2.66;
  • Untuk KD pada KI-1 dan KI-2 : pembinaan terhadap peserta didik yang secara umum profil sikapnya belum berkategori baik dilakukan secara holistik (paling tidak oleh guru meta pelajaran, guru BK, dan orang tua).

2. Prosedur dalam kegiatan remidial

Dalam kegiatan remidial ada beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu :

a. Analisis hasil diagnosis

Melalui kegiatan diagnosis, guru akan mengetahui para peserta didik yang perlu mendapat bantuan. Untuk keperluan kegiatan remidial, tentu yang menjadi sorotan adalah peserta didik - peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar yang di tunjukkan dengan tidak tercapainya kriteria keberhasilan belajar.

b. Identifikasi penyebab kesulitan

Sebelum kita mulai merancang kegiatan remidial, terlebih dahulu kita harus mengetahui mengapa peserta didik mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi yang diharapkan atau menguasai materi pelajaran.

c. Penyusunan rencana

d. Komponen-komponen yang harus di rencanakan dalam pelaksanaan kegiatan remidial adalah sebagai berikut :

• Merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran.
• Menentukan materi pelajaran sesuai dengan kompetensi atau tujuan yang telah di rumuskan.
• Memilih dan merancang kegiatan remidial sesuai masalah dan faktor penyebab kesulitan serta karakteristik peserta didik.
• Merencanakan waktu yang di perlukan untuk melaksanakan kegiatan remidial.
• Menentukan jenis, prosedur, dan alat penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik.

e. Pelaksanaan kegiatan

Biasanya kegiatan remidial di laksanakan diluar jam belajar biasa. Oleh karena itu dituntut kerelaan bagi guru untuk menyediakan waktu tambahan diluar jam belajar, untuk membantu peserta didik yang memerlukan.

f. Evaluasi

Untuk mengetahui berhasil tidaknya kegiatan remidial yang telah dilaksanakan, kita harus melaksanakan penilaian. Penilaian ini dapat dilakukan dengan mengkaji kemajuan peserta didik. Guru harus menganalisis setiap komponen pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan tentang kompetensi, materi, kegiatan, waktu, serta penilaian.

 

 

 

develop by Tim Penyusun Geography Online
email: tim.geography.online@gmail.com